Apa itu kerjasama operasional

Pada umumnya pengembangan sistem informasi dilakukan berdasarkan acuan yang dibuat pada proses analisis kebutuhan pengguna yang dilakukan pada awal proses pengembangan. Kebutuhan yang muncul belakangan kerap kali tidak bisa direalisasikan oleh pengembang karena diluar dari yang telah disepakati sebelumnya.

Hal ini akan berakibat pada kurang optimalnya kinerja sistem karena ada beberapa kebutuhan pengguna yang tidak tersedia. Untuk menghindari hal tersebut maka kami menawarkan pendekatan pola kemitraan. Pola kemitraan ini tidak hanya dalam proses pengembangan tetapi juga dalam masa pengoperasian sistem informasi setiap hari. Pola kemitraan ini kami namakan sistem Kerjasama Operasional (KSO). KSO memberikan beberapa keuntungan bagi perguruan tinggi sebagaimana dibahas berikut ini.

Keuntungan

Bebas biaya pengembangan

Tidak perlu menyediakan biaya pengembangan di awal. Pembayaran dilakukan per semester pada saat mahasiswa selesai melakukan kontrak rencana studi (KRS).

Jumlah yang dibayarkan hanya berdasarkan jumlah mahasiswa yang melakukan pendaftar ulang. Hal ini akan meringankan beban perguruan tinggi dibandingkan jika harus membayar penuh biaya pengembangan di awal sebagaimana umumnya dilakukan pada proyek pengembangan sistem informasi.

Bebas Biaya Perawatan Sistem

Klien tidak perlu menyediakan tenaga staf IT yang memelihara dan memperbaiki sistem karena selama kontrak KSO berlangsung semua pekerjaan tersebut tetap menjadi tanggung jawab kami sebagai pengembang.

Bebas biaya hosting

Tidak perlu mengadakan pembelian mesin server tempat diinstalkannya sistem. Sistem akan diimpementasikan di server hosting kami dan tidak dikenakan biaya tambahan.

Kecuali jika ada permintaan khusus dari klien, maka kami akan menyesuaikan server yang diperlukan dengan biaya yang akan ditentukan kemudian.

Bergaransi

Menjamin sistem informasi berjalan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna karena pengembangan dan penyesuaian dilakukan secara terus menerus.

Ketentuan KSO

Berikut ini adalah ketentuan umum sistem Kerjasama Operasional yang kami selenggarakan. Untuk ketentuan khusus akan ditetapkan pada saat dibuatnya kontrak kerjasama.

  1. Kerjasama akan dilakukan selama 3 tahun dan dapat diperpanjang jika diperlukan.
  2. Status kepemilikan sistem adalah milik Siska.co.id. Sistem menjadi hak milik perguruan tinggi jika memenuhi persyaratan berikut:
  • Kontrak kerja selesai sesuai dengan kesepakatan. Dengan kata lain tidak terjadi pemutusan kontrak kerjasama sebelum jatuh tempo.
  • Perguruan tinggi membayar biaya
  1. Sistem akan diimplementasikan pada server yang terkoneksi pada jaringan internet sehingga bisa diakses dari manapun dan kapanpun.
  2. Penagihan biaya KSO akan dilakukan pada saat mahasiswa memulai perkuliahan dengan asumsi mereka telah melakukan daftar ulang.